-->

Penyebab Motor Mio M3 Matic Brebet dan Mati Saat Digas

Bagi para sahabat moto yang memiliki motor skuter atau metik yamaha mio m3 125 yang mengalami masalah metic brebet dan terasa akan mati saat digas dan bahkan mati secara otomatis saat gas dinaikan maka bisa jadi salah satu komponen atau part sedang bermasalah dan bagian mana saja yang harus dicek.?



1. Filter Udara
Motor mati saat digas atau brebet maka hal tersebut dapat disebabkan oleh kotornya filter atau saringan udara yang disebabkan oleh banyaknya debu debu yang memenuhi saringan. Saringan udara kotor tentu saja mempengaruhi pembakaran dari mesin karena filter udara bekerja sebagai penyaring udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran agar tidak tercampur dengan kotoran atau debu sehingga dapat membuat pembakaran mesin menjadi sempurna dan bekerja dangan baik.

Salah satu solusi perawatan motor agar tidak berebet yaitu dengan membersihkan atau mengganti saringa udara motor yamaha mio m3 125 secara berkala karena apabila saringan sudah sangat kotor atau rusak maka motor akan terasa berat dan mati saat hendak digas.

2. Masalah Busi
Busi berfungsi sebagai sumber api untuk pembakaran pada ruang mesin motor dan apabila busi bermasalah seperti kotor, renggang, rusak maka sudah pasti pembakaran tidak akan sempurna dan dapat mengakibatkan motor menjadi brebet.
Agar skuter sahabat moto tidak brebet maka sebaiknya mengganti busi secara berkala dengan waktu tempu sesuai dengan anjuran dealer dealer resmi Yamaha Motor.

3. Klep Merenggang
Banyak penyebab dari merenggangnya jarak klep namun yang paling sering terjadi yaitu disebabkan oleh telatnya mengganti oli mesin pada motor yamaha mio m3 123 sehingga menyebabkan klep menjadi renggang dan hal tersebut biasanya ditandai dengan suara berisik pada bagian mesin. Jika motor yamaha mio m3 sahabat moto mengelami masalah seperti yang baru saja disebutkan maka silahakan cek kondisi klep. Untuk ukuran stel klep setiap motor pastinya berbeda beda yang dapat sahabat moto cek di Ukuran stel klep motor

4. Kerusakan Pada Sensor Injeksi
Faktor penyebab motor brebet juga dapat disebabkan oleh kerusakan sensor injeksi yang dimana sensor injeksi berfungsi sebagai penyemprot bahan bakar ke ruang pembakaran maka sudah pasti jika sensor injektor bermasalah maka pembakaran pada motor akan terganggu yang dapat mengakibatkan motor menjadi brebet.

Untuk merawat injektor atau sensor injeksi maka sahabat moto dapat menggunakan cairan khusus pembersi injektor yang banyak dijual jual di toko penyedia peralatan motor ataupun mobil.

5. Masuknya Air Ke Tangki
Penyebab umum masuknya air ke dalam tangki biasanya disebabkan saat pencucian motor menggunakan alat semprot atau motor kehujanan dan masuknya air ke dalam tangki tentu saja dapat menimbulkan berbagai macam masalah seperti salah satunya yaitu motor brebet atau mati saat digas. Bahan bakar yang bercampur dengan air menyebabkan kebutuhan bahan bakar di ruang pembakaran tidak terpenuhi atau menjadi sedikit sehingga pembakarna motor menjadi tidak sempurna.

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menguras isi tangki agar air yang berada di dalam tangki dapat dikeluarkan dan sahabat moto dapat mengisi bahan bakar baru yang pastinya tidak tercampur dengan air lagi.

6. Pompa Minyak
Pada kendaran kendaran motor ataupun mobil pastinya memiliki fuel pump atau pompa minyak yang berfungsi sebagai penyemprot minyak menuju ke ruang pembakaran. Setiap jenis kendaraan memiliki pompa minyak dengan tekanan yang sudah di ataur maka jika semprotan terlalu tinggi atau rendah maka sudah dapat dipastikan bahan bakar yang menuju ke ruang pembakaran menjadi tidak sempurna sehingga dapat menyebabkan motor menjadi brebet atau mati saat hendak di gas.

Untuk tutorial pengecekan, sahabat moto bisa cek langusung di tutorial stel mio m3

Dari maslaah masalah di atas pastinya akan terjadi pada motor motor yang telah memiliki usia guna yang dimana motor tersebut akan terasa seperti mio m3 kurang bertenaga

0 Response to "Penyebab Motor Mio M3 Matic Brebet dan Mati Saat Digas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel